Jumat, 09 Oktober 2020

Menjadi Guru Milenial di Masa Kini

 Ini adalah foto saya dan kedua rekan guru di sekolah. Kami mempunyai julukan "Milenial Teachers"
 

    Guru adalah pekerjaan mulia yang selalu menjadi impian saya sejak kecil. Ibu saya adalah figur seorang guru yang menginspirasi hingga kini impian saya terwujud. Perjuangan menjadi seorang guru tidaklah mudah. Kuliah 4 tahun ditempuh untuk meraih gelar sarjana pendidikan di bidang Bahasa Inggris. Alhamdulillah, do’a Ayah dan Ibu mampu mengantar saya menjadi seorang guru sampai saat ini.

    Pembelajaran Jarak Jauh yang disebut dengan PJJ menjadi solusi belajar di masa pandemi. Siswa belajar di rumah. Guru mengajar dari rumah. Guru masa kini harus menguasai teknologi canggih seputar dunia pendidikan. Apalagi di masa sekarang, guru ‘dipaksa’ harus menguasai teknologi terkini seperti google classroom, microsoft teams, office 365, zoom, webex, google meet dan lain-lain.

    Perlahan-lahan, guru belajar hal tersebut. Guru yang tidak mau belajar akan tertinggal. Usia rasanya bukan jadi kendala jika ada niat dan kemauan yang kuat. If there is a will, there is a way. Guru milenial dituntut menguasai teknologi dengan cepat, termasuk menguasai media sosial yang kini kian merebak. Guru bisa mengawasi gerak-gerik muridnya di media sosial. Jika ada yang kurang pantas, kita bisa saja menegur. Berkali-kali saya menegur murid jika postingan mereka tidak pantas. Mereka harus belajar cara berinternet sehat. Jangan sampai menyebar hoax atau membuat konten yang tidak pantas. Bisa-bisa terjadi pelanggaran UU ITE. Hal ini yang seharusnya disadari oleh semua pengguna media sosial. Bukan asal posting tanpa tahu kebenarannya.

    Guru milenial menurutku harus bisa menjadi partner atau sahabat untuk murid. Sehingga murid akan bebas berpendapat tanpa adanya rasa takut. Kita hidup di zaman demokrasi. Semua bisa berpendapat. Lazimnya, murid belajar dari seorang guru. Faktanya, guru juga bisa belajar dari murid tentang arti kesabaran dan arti hidup.

    Alangkah indahnya jika kita punya murid yang berwawasan luas, mandiri, selalu melakukan hal positif dan menghormati orangtua atau guru. Terlihat fashionable itu boleh, asal tidak melanggar norma yang berlaku.    

    Selain menjadi guru di sekolah, terkadang saya juga menemukan murid-murid di sekitar saat berkomunitas di bidang kepenulisan. Kita saling berbagi ilmu. Saat itu, saya tidak mau dipanggil Bu Guru. Meskipun mereka tahu profesi saya sehari-hari. Namun, nampaknya naluri seorang murid tetap terlihat yaitu murid yang menghormati gurunya. Saya benar-benar terharu. Walaupun saya bukan guru mereka di sekolah, mereka selalu menaruh hormat pada saya. Terlebih perilaku mereka yang tetap sopan meskipun terkadang lebih akrab dengan jalanan dan hawa malam yang dingin. Semoga kita tetap istiqomah menjadi guru milenial masa kini yang selalu mengajar dengan hati.

 

 

#Day3AISEIWritingChallenge

#100katabercerita

#30hariAISEIbercerita

#AISEIWritingChallenge

#warisanAISEI

#pendidikbercerita

6 komentar:

  1. Semoga saya yang guru kolonial bisa menjadi guru milennial

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang saja Pak....kita masih bisa terus belajar...usia bukan menjadi kendala untuk menjadi guru yang hebat...guru yang jam terbangnya sudah tinggi akan punya segudang pengalaman yang layak dibagi untuk kami.

      Hapus
  2. Guru-guru luar biasaaa, tetap semangat!

    BalasHapus
  3. Guru Milenial... Menarik Sekali!!!

    BalasHapus
  4. keren sekali ternyata jadi guru milenial ya, terus semangat ya

    BalasHapus