Senin, 12 Oktober 2020

Suka Duka Mengajar Dari Rumah

 

Mengajar dari rumah menggunakan laptop

Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi solusi terbaik di masa pandemi covid-19. Tentu saja ada suka dan duka yang dialami guru saat mengajar di rumah.  Guru harus mempersiapakan materi pembelajaran dengan sungguh-sungguh menggunakan beberapa aplikasi terkini. Guru memang terlahir sebagai pembelajar sepanjang hayat. Mungkin, hal ini tidak hanya berlaku untuk guru. Namun, hal  ini berlaku untuk semua orang.

Guru harus segera menguasai media-media pembelajaran yang canggih dengan cara berlatih sendiri atau mengikuti diklat online yang berbayar maaupun tidak berbayar. Guru harus kreatif dan inovatif dalam mengemas pembelajaran sesuai dengan perkembangan zaman. Tak jarang, guru juga memanfaatkan media sosial untuk menyampaikan materi pembelajaran agar siswa tidak bosan. Siswa juga bisa mengumpulkan tugas melalui media sosial.

Di masa pandemi ini, psikologis siswa harus tetap diperhatikan. Kita tidak perlu memaksakan pembelajaran harus sesuai dengan kurikulum yang akhirnya membuat siswa terbebani. Kita rasanya harus lebih bijak dalam menyaring ilmu pengetahuan untuk disampaikan kepada siswa sesuai dengan situasi dan kondisi terkini.  Untungnya, Mas Menteri Nadiem Makarim mencanangkan Merdeka Belajar bagi guru dan siswa. Kebijakan tersebut rasanya menjadi angin segar untuk dunia pendidikan. Tetap semangat untuk guru-guru se-Indonesia. Nama kalian akan selalu harum dikenang oleh siswa sampai di surga.

 

 

 

#Day6AISEIWritingChallenge

#100katabercerita

#30hariAISEIbercerita

#AISEIWritingChallenge

#warisanAISEI

#pendidikbercerita

0 komentar:

Posting Komentar