Senin, 12 Oktober 2020

TBM BUMI AKSARA: Menebarkan Virus Membaca di Desa



TBM BUMI AKSARA,
DESA BUMIREJO KECAMATAN MARGOREJO, 
KABUPATEN PATI, JAWA TENGAH



Kita pasti pernah mendengar pepatah bahwa buku adalah jendela ilmu. Pepatah itu memang benar. Wawasan kita bertambah luas karena banyak membaca. Meskipun sekarang kita bisa mengetahui banyak hal dari internet, buku tetap tak tergantikan. Hal itu pula yang menumbuhkan semangatku untuk mendirikan taman bacaan masyarakat di rumahku. Aku menamainya TBM Bumi Aksara.

Berawal dari koleksi pribadi semasa kuliah, aku mencoba menaruh buku-bukuku di ruang tamu. Aku hanya ingin bukuku bisa dibaca oleh orang banyak. Saat pertama merintis, aku belum punya rak buku. Akhirnya aku  berinisiatif untuk membuat rak buku dari kardus bekas yang dilapisi dengan kertas kado. Alhamdulillah, ada sekitar satu kardus penuh.

Lambat laun, koleksi bukuku bertambah banyak. Aku memperoleh buku dari membeli sendiri dan juga donasi dari beberapa teman Berawal dari rak kardus sederhana, Allah mengirimkan rak buku kayu berwarna hijau untuk taman bacaanku. Ketika Allah mulai mengucapkan ‘kun fayakun’  semua pasti terjadi atas seizin-Nya.

Alhamdulillah, koleksi buku-buku di TBM Bumi Aksara semakin banyak, terutama jenis novel dan buku bacaan anak-anak. Saat selesai mengikuti bimbingan belajar di rumahku, mereka langsung membaca buku. Aku senang, minat baca masyarakat di desaku mulai tumbuh. Semoga aku bisa terus semangat dalam mengembangkan TBM Bumi Aksara. Man Jadda Wa Jadda. 


 #Day4AISEIWritingChallenge

#100katabercerita

#30hariAISEIbercerita

#AISEIWritingChallenge

#warisanAISEI

#pendidikbercerita

0 komentar:

Posting Komentar